Tips Menghilangkan Bintik Pigmen Secara Alami: Gunakan Air Lemon hingga Yogurt

Tips Menghilangkan Bintik Pigmen Secara Alami: Gunakan Air Lemon hingga Yogurt

   
Ilustrasi bintik pigmen
Seiring bertambahnya usia beberapa masalah kulit akan muncul tak terkecuali bintik pigmen. Sebenarnya ada banyak faktor penyebabnya seperti sinar ultra violet, penyakit ginjal dan hati kronis, efek samping dari jerawat, dan penyakit kulit ekstrim.

Meski begitu, kehadiran bintik pigmen seringkali tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti Anda harus khawatir akan masalah ini karena ada cara untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang sudah ada di rumah dan terbukti ampuh untuk menghilangkan dan mencegah munculnya pigmen.

Sebelumnya, jika bintik pigmen tersebut meradang atau merupakan tanda dari alergi bisa diwaspadai dengan segera menemui dokter karena bisa jadi penyakit berbahaya.
Ilustrasi bintik pigmen

Namun, jika bintik pigmen Anda tidak gatal, nyeri atau meradang, Anda dapat menggunakan produk pencerah alami untuk membantu menghilangkannya.

Tahap awal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perawatan secara menyeluruh adalah membersihkan kulit dengan scrub dari garam lembut dan dicampur dengan minyak. Oleskan scrub ke area yang diinginkan dengan gerakan ringan (pastikan untuk menghindari area di sekitar mata) dan bersihkan dengan air hangat. Setelah menggunakan scrub, kulit siap untuk tahap pencerahan.

Nah, berikut bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bintik pigmen dirangkum dari Brightside:

1. Lemon

Sudah bukan rahasia lagi jika lemon memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Karena lemon bisa mencerahkan, membersihkan, dan mendisinfeksi kulit dengan baik. Namun, pastikan terlebih dahulu jika Anda tidak alergi terhadap jenis jeruk.

Oleskan air lemon dan madu ke kulit selama 10 menit lalu bersihkan dengan air. Cara terbaik untuk mendapatkan langkah ini dengan melakukannya minimal sehari sekali.

2. Soda

Soda adalah salah satu bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bintik pigmen. Anda bisa mencampurkannya dengan air lemon. Bisa digunakan dua hari sekali.

Namun, jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, maka cukup digunakan hanya satu hingga dua kali sehari. Ditambah lagi, Anda dapat mencampur soda dengan beberapa tetes air dan menaruhnya langsung di tempat yang bermasalah sebelum mencucinya dengan air.

3. Lidah buaya

Lidah buaya baik untuk melembabkan kulit. Selain itu, juga bisa membantu regenerasi dan penyembuhan luka bakar dan bintik pigmen. Peras saja jus dari daun lidah buaya dan taruh di tempat yang bermasalah dua kali sehari.

4. Bawang merah

Bawang merah mengandung sulfur dan vitamin C yang membantu meregenerasi kulit, menghilangkan bintik pigmen, menghaluskan kerutan dan melawan jerawat serta ketidaksempurnaan kulit lainnya. Cukup taruh jus dari bawang merah ke area wajah yang diinginkan dan bersihkan dengan air dingin setelah 10 menit.

5. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan minyak esensial yang bisa sangat efektif untuk mencerahkan kulit Anda. Untuk menggunakannya, potong satu siung bawang putih menjadi dua dan gosokkan ke wajah Anda beberapa kali sehari.

6. Cuka Apel

Cuka apel bisa membuat kulit lebih halus dan rata. Jadi, oleskan langsung ke bagian bintik pigmen yang ingin Anda warnai cerah dan biarkan di sana selama 20 menit sebelum mencucinya dengan air dingin.

7. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang bisa membantu memperbarui kulit, mendisinfeksi, dan menghilangkan bintik pigmen. Gunakan sebagai masker dan lihat hasilnya.

8. Kunyit

Bumbu dapur satu ini dikenal sebagai pencerah kulit yang baik. Bahkan bisa membuat kulit lebih bersinar. Campurkan kunyit dengan perasan jeruk dan oleskan pada bintik pigmen.

9. Jus berry

Jus berry kaya akan vitamin C. Ini bagus untuk mencerahkan kulit. Peras jus dari buah beri ke kain dan taruh di wajah selama 15 menit. Kemudian, bersihkan campuran tersebut dengan air hangat.

10. Aspirin

Kali ini gunakan aspirin, campurkan 10 pil aspirin dengan 3 ons air. Lalu, gosok campuran tersebut ke wajah dua kali seminggu.

Selain penggunaan bahan-bahan tersebut, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti menerapkan pola makan seimbang karena bisa membantu Anda mengurangi penyebab munculnya bintik pigmen.

Jaga kulit tetap lembab dengan minum air yang cukup. Dan hindari sinar matahari musim panas dari jam 11 pagi sampai jam 4 sore. Atau gunakan tabir surya tidak hanya saat Anda berada di pantai, tapi juga saat berjalan-jalan keliling kota.

Coba lebih banyak makan sayur dan buah buah segar yang kaya vitamin C, A, dan E. Anda juga bisa makan daging diet dan produk susu.
Jangan makan makanan berlemak atau digoreng, gula atau makanan tidak sehat lainnya karena dapat memperburuk kondisi kulit dan seluruh tubuh Anda. 

Related posts