Barcelona berhasil meraih tiga poin setelah menangguhkan Athletic Bilbao dengan skor tipis, 1-0. yang di gelar di Camp Nou pada Selasa (23/6/2020) atau Rabu dini hari WIB.

Satu buah gol Barcelona dicetak oleh Ivan Rakitic pada menit ke-71 yang bekerja sama dengan Lionel Messi. Tak ada gol dari Messi membuat dirinya harus bersabar dalam meraih rekor 700 gol dalam karier sepak bolanya, kemenangan ini sekaligus membawa skuad Quique Setien kembali memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020.

Lihat juga : cuplikan pertandingannya, Barcelona Vs Bilbao

Bermain di markas sendiri, Lionel Messi dkk langsung tampil agresif sejak awal pertandingan. Barcelona yang mendomasi jalannya pertandingan beberapa kali berhasil mengancam gawang Bilbao yang di jagai oleh Unai Simón.

Baca juga : pertandingan La liga spanyol lainya

Bilbao yang cenderung bertahan di awal babak pertama mulai berani bermain menyerang, memasuki menit ke-20 kedua tim mulai menaikkan tempo permainan.

Pertahanan yang sangat rapat yang diterapkan pemain belakang Bilbao berhasil membuat gawang mereka terhindar dari kebobolan di babak pertama kali ini. Skor imbang 0-0 bertahan hingga wasit memberikan tanda berakhirnya babak 45 menit awal.

Pada babak kedua, Barcelona semakin menguasai penguasaan bola. Blaugrana, julukan Barca langsung mengurung 11 pemain tim tamu di area pertahanan mereka. Namun, tim asuhan Quique Setien tak mampu merobek gawang tim tamu hingga menit ke-70.

Akan tetapi, Blaugrana akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-71.

Diawali pergerakan Messi dari sisi kanan, penyerang asal Argentina itu membuat sibuk pemain belakang Bilbao. Rakitic kemudian memanfaatkan situasi tersebut untuk menempatkan dirinya di tempat yang lebih terbuka.

Gelandang asal Kroasia itu kemudian menyelesaikan umpan tarik Messi dengan tendangan kaki kanannya. Keunggulan 1-0 Barcelona bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 2-Nelson Semedo, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 15-Clement Lenglet; 5-Sergio Busquets, 8-Arthur Melo, 22-Arturo Vidal; 9-Luis Suarez, 17-Antoine Griezmann, 10-Lionel Messi
Pelatih: Quique Setien

Athletic Bilbao (4-2-3-1): 1-Unai Simon; 18-Oscar de Marcos, 3-Unai Nunez, 5-Yeray Alvarez, 24-Mikel Balenziaga; 8-Unai Lopez, 16-Mikel Vesga, 11-Inigo Cordoba, 34-Oihan Sancet, 15-Inigo Lekue; 9-Inaki Williams
Pelatih: Gaizka Garitano