Read Time:8 Minute, 6 Second

Lionel Andres Messi atau yang lebih dikenal sebagai Lionel Messi merupakan striker Barcelona dan Timnas Argentina. Ia memiliki julukan diantaranya Si Kutu alias La Pulga, El Messiah (Penyelamat) dan King Leo. Julukan Si Kutu sendiri diperoleh Messi dari kakaknya, Rodrigo. Hal ini karena postur tubuh Messi yang lebih kecil daripada kawan-kawannya. Meski begitu, kealihannya dalam bermain bola mengantarkan Klub raksasa Barcelona sebagai salah satu tim terkuat di La Liga.

Messi lahir dari pasangan Jorge Horscio yang bekerja di pabrik besi dan Maria Cuccittini. Dimana ia seorang pembersih paruh waktu di Rosario, Provinsi Santa Fe. Kalau dilihat dari keturunan ayahnya, ia berasal dari Ancona, salah satu kota di Italia. Dimana pada tahun 1883 leluhurnya Angelo Messi hijrah ke Argentina.

Ia adalah 4 saudara, 2 kaka laki-laki yaitu Rodrigo dan Matias dan satu perempuan, Mara sol. Messi mulai bermain sepak bola di usia lima tahun di Klub Grandoli. Jorge sebuah klub lokal yang di latih oleh ayahnya sendiri.

Lalu Messi bergabung dengan Newell’s Old Boys yang berbasis di kampung halamanya pada tahun 1995 di Rosaria

Biografi Lionel Messi

Nama asli : Lionel Andreas Messi
Nama panggilan : Messi
Profesi : pemain sepakbola
Tanggal lahir : 24 Juni 1987
Tempat lahir : Rosario, Santa Fe, Argentina
Kewarganegaraan : Argentina dan Spanyol
Ayah : Jorge Messi
Ibu : Celia Cuccittini
Kekasih : Macarena Lemos (2006), Luciana Salazar (2009), Antonella Roccuzzo
Anak : Thiago (lahir 2012) dan Mateo (lahir 2015)
Kiprah di dunia sepakbola : penyerang dan kapten tim Barcelona dan Timnas Argentina

Pengalaman sepakbola didapatkan pemain berusia 26 tahun ini sejak ia baru berusia 5 tahun. Pada usia yang masih sangat muda tersebut, Messi kecil telah bermain untuk sebuah klub bola asuhan ayahnya, Grandiola. Menghabiskan 3 tahun bermain dengan skuad Grandiola, Messi memutuskan pindah ke Newell’s Old Boys di usianya yang ke-8.

Baca juga, Kisah Penguasa Judi Makau

Tumbuh dan berkembang sebagai anak yang lincah dan gemar bermain bola, cita – citanya Messi sebagai pemain bola profesional menjadi terancam karena ia didiagnosa menderita hormon pertumbuhan.

Messi sempat terpuruk di masa kecilnya itu. Ia bahkan tampak seperti anak yang kurang semangat setelah ia tahu dokter mendiagnosa dirinya seperti itu.

Kemudian parahnya lagi, asuransi kesehatan milik ayahnya hanya mampu menutupi pembiayaan penyakit Messi yang mencapai $1000 per bulan hanya untuk masa dua tahun, kemudian mereka mencari bantuan.

Newell bersedia membantu membiayai akan tetapi pada akhirnya menarik kembali bantuannya. Dari sinilah perjuangan pemain terbaik dunia ini bermula.

Kontrak pertama Messi di selembaran sapu tangan

Untuk itu sang ayah mencari klub sepakbola yang dapat membiayai pengobatan putranya tersebut dan bertemulah dia dengan Carles Rexach, Direktur klub sepak bola Barcelona (1996).

Charly Rexach setuju dengan hal ini dan menawarkan sebuah kontrak yang pada waktu itu hanya ditulis dengan selembar sapu tangan. Messi tumbuh dan menjadi bagian dari Barcelona sampai saat ini.

Bergabung dengan klub ternama di Spanyol, Messi menunjukkan talenta yang gemilang. Kemampuannya yang mumpuni membuat tunangan Antonella Roccuzo ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat masuk ke dalam tim senior FC Barcelona.

Di usia nya yang ke 17 tahun dan di musim pertamanya, Messi mencetak gol pertama pada 1 Mei 2005, sekaligus tercatat sebagai pemain termuda Barcelona yang berhasil menyumbang gol untuk klubnya.

Karir Messi di Barcelona semakin gemilang. Hal itu terbukti dari perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh klub bola merah-ungu tersebut kepadanya hingga Juni 2014. Musim 2005-2006 menjadi saksi kehebatan Messi. Ia menyumbangkan 6 gol dari total 17 liga.

Sayangnya aksi Messi terhenti karena cedera otot di paha kanan saat melawan Chelsea di Liga Champions, Maret 2006. Dia pun tak lagi main sampai musim kompetisi berakhir.

Setahun setelah cedera, penerus Ronaldinho ini comeback gemilang di laga derby melawan musuh bebuyutan Barcelona, Real Madrid. Lulusan sekolah La Masia itu sukses mencetak hattrick di laga El Clasico meski akhirnya pertandingan imbang 3-3. Hattrick Messi diakui mampu memotivasi para pemain kala itu.

Musim 2011-2012 bisa dibilang sebagai masa keemasan Messi. Ia telah mencetak 232 gol sepanjang karirnya, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Cesar Rodriguez.

Ia juga tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah yang dianugerahi 4 kali gelar Pemain Terbaik Dunia di FIFA Ballon d’Or (2009-2012). Kemenangan berturut-turut juga berhasil dicapai Messi saat ia tiga kali menang penghargaan Sepatu Emas yang biasa diberikan untuk pemain terbaik di kancah Eropa.

First Ballon D’or

Messi juga mengoleksi penghargaan dari UEFA diantaranya 4 kali Top Skorer di Liga Champions (2009-2012), Pemain Terbaik UEFA 2011 (Best Player in Europe Award) dan Man of the Match di final Liga Champions 2011. Sedangkan kontribusinya untuk Barca yakni mengantarkan klub menang 6 trofi La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 gelar juara Super Copa serta 4 piala Liga Champions.

Selain prestasi bersama FC Barcelona, Messi menunjukkan pencapaian yang memuaskan ketika membela Timnas Argentina. Kemenangan Argentina bersama Messi diantaranya Juara Piala Dunia U-20 2005 dan Juara Olimpiade Beijing 2008.

Ayah dari Thiago Messi itu debut bersama Tim Tango Senior 17 Agustus 2005 dan menjadi pemain Argentina termuda (18 tahun 357 hari) yang berlaga di Piala Dunia 2006.

Ia memulai debut untuk Argentina pada Juli 2004, pada saat melawan Paraguay di pertandingan persahabatan U-2-. Ia menjadi bagian dari tim pemuda yang memenangkan kejuaraan Dunia FIFA 2005  pada tahun 2005.

Pada saat itu ia telah memenangkan Golden Shoe dan Golden Ball, di empat terakhir pertandingan Argentina ia telah mencetak gol dan membawa 6 gol dalam turnament tersebut.

Pada 17 Agustus 2005 ia membuat debut Internasional pnuh melawan Hungaria pada usianya ke-18. Ia sempat digantikan pada menit ke-63. Namun pada menit tersebut karena ditemukan ia headbutted bek Vilmos Vnczak yang menarik kemeja Messi pada menit ke -65.

Tapi keputusan itu kontrovarsial bahkan Maradona bilang bahwa utu pra-bermeditasi. Pada tanggal 3 September ia kembali gabung bersama timnya dalam Piala Dunia Argentina 1-0 kekalahan pergi ke Paraguay. Ia pernah mengatakan menjelang pertandingan’’ ini adalah ulang debut pertama’’.

Argentina melawan Peru untuk memulai pertandingan pertamanya, Messi dijelaskan sebagai ‘’permata’’ setelah pertandingan Pekerman. Dalam kualifikasi piala dunia tanggal 28 Maret 2009 melawan Vanezuela, unutk pertama kalinya Messi menngunakan nomor punggung 10 untuk Argentina.

Diego Maradona sebagai manajer Argentina ini adalah pertandingan pertama resmi yang ia dapatkan. Pada pertandingan ini argentina menang 4-0 dengan Messi sebagai gol pembuka.

Pada menit terakhir melawan Brasil, Messi mencetak gol pada tanggal 17 November 2010 yang membatu Argenita memenangkan pertandingan. Meraih kemenangan dengan skor 1-0 dalam laga pertandingan persahabatan, yang diselenggarakan di Doha.

Ia telah mencetak gol pertama kalinya dalam pertandingan senior. Pada 9 Februari 2011, Messi mencetak gol lagi-lagi di menit terakhir  saat melawan Portugal.

Pada pertandingan persahabat yang masuk lewan tendangan penalti yang memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-1, yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss.

Info Lengkap Prestasi Lionel Messi bersama FC Barcelona

  • Juara La liga 2005, 2006, 2009, 2010, 2011, 2013
  • Juara Copa de Rey 2009, 2012
  • Supercopa de Espana 2005, 2006, 2009, 2010, 2011,2012
  • UEFA Champion League 2006, 2009, 2011
  • UEFA Super Cup 2009, 2011
  • FIFA Club World Cup 2009 dan 2011

Info Lengkap Prestasi Lionel Messi bersama Argentina

  • Olympic Gold Medali 2008
  • FIFA U-20 World Cup 2005
  • Runner up FIFA World Cup 2014
  • Runner up Copa America 2007

Rekor-rekor Lionel Messi

  • Peraih penghargaan FIFA Ballon d’Or award terbanyak, 4 kali
  • Rekor dunia Guiness untuk pencetak gol terbanyak dalam setahun, 91 goal.
  • Pencetak goal terbanyak di pertandingan international (timas dan klub) 25 goal
  • Pesepak bola pertama yang mencetak goal berturut-turut melawan semua tim di liga profesional.
  • Mencetak goal dalam pertandingan liga berturut-turut terbanyak = 21 goal dalam 33 pertandingan.

Di luar sepak bola

Kehidupan pribadi

Messi menjalani hubungan romantis dengan Macarena Lemos, yang juga berasal dari kampung halamannya di Rosario. Dia berkata telah diperkenalkan kepadanya ayah gadis itu ketika ia kembali ke Rosario setelah pulih dari cedera beberapa hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2006. Sebelumnya, dia juga pernah dikaitkan dengan Model glamor Argentina Luciana Salazar.

Pada Januari 2009 ia mengatakan “Hat Trick Barca”, sebuah program di Canal 33:”Aku sudah punya pacar dan dia tinggal di Argentina saya santai dan bahagia”.

Ia juga terlihat dengan gadis, Antonella Roccuzzo[102] di sebuah karnaval di Sitges setelah deby Barcelona-Espanyol. Roccuzzo adalah penduduk asli sesama Rosario.

Meskipun pasangan itu saling kenal sejak mereka masih usai belia dua sejoli ini tetap berhubungan baik saat messi membangun Karir di Spanyol hingga 2008 ketika pindah untuk bersamanya di Barcelona ,

Akhirnya mereka resmi menikah 9 tahun kemudian dan melahirkan anak-anak nya.

Tiga Putra Thiago messi ( November 2012), Mateo messi ( September 2015 ) dan Ciro Messi ( Maret 2018 ).

Pada tanggal 2 November 2012, Messi menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya setelah kelahiran anaknya Thiago. Situs resmi FC Barcelona secara singkat menyatakan “Leo Messi adalah seorang ayah”.

Selain itu, striker Argentina menambahkan pada halaman Facebook-nya: “Hari ini aku orang paling bahagia di dunia, anak saya lahir dan terima kasih kepada Tuhan karena karunia ini” Pada Maret 2013, Messi membayar persembahan sykur atas anaknya Thiago dengan telah memiliki namanya dan mencetak kelapa kecil tergores di betis kirinya.

Singkat cerita hingga kini hubungan mereka di berkati dengan Tiga Putra Thiago messi ( November 2012), Mateo messi ( September 2015 ) dan Ciro Messi ( Maret 2018 ).

Kebaikan Hati

Pada tahun 2007 mendirikan Messi Leo Messi Foundation, sebuah badan amal yang mendukung akses ke perawatan pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak yang rentan. Dalam wawancara fansite, Messi berkata:.

“Menjadi terkenal sekarang sedikit memberi saya kesempatan untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkannya, terutama anak-anak ” Dalam menanggapi kesulitan sendiri Messi anak medis,

Leo Messi Foundation mendukung anak-anak Argentina didiagnosis dengan kondisi medis dengan menawarkan pengobatan di Spanyol dan menutupi biaya transportasi, rumah sakit dan penyembuhan.

Messi yayasan didukung oleh aktivitas penggalangan dana sendiri dengan bantuan tambahan dari Herbalife.

Pada 11 Maret 2010 Messi diumumkan sebagai duta besar untuk UNICEF . Messi kegiatan duta UNICEF ditujukan untuk mendukung hak-hak anak. Messi didukung dalam hal ini oleh FC Barcelona, yang juga memiliki hubungan yang kuat dengan UNICEF.

Baca juga, Perjuangan Juventus pada momen terburuk nya.

1 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %